Magister Administrasi Publik UGM

Profil Dosen

Program Doktor

E-mail Print PDF

Tujuan program S3 Administrasi Publik antara lain menghasilkan doktor yang memiliki kemampuan tinggi di bidang penelitian dan pengembangan disiplin ilmu administrasi publik. Selain itu menghasilkan doktor yang mampu merancang pendidikan dan pengajaran di bidang administrasi publik. Harapan selanjutnya dari program doktor ini adalah menghasilkan doktor administrasi publik yang memiliki kemampuan akademik dan berwawasan multidisipliner dan memiliki kemampuan analitis untuk merancang reformasi birokrasi dan kebijakan publik.

Sistem belajar mengajar di Program S3 Administrasi Publik UGM diarahkan untuk membekali S3 kemampuan merancang desain penelitian yang berkualitas di bawah bimbingan para profesor dengan mengutamakan partisipasi aktif mahasiswa. Kuliah akan dilakukan dalam bentuk seminar dengan tema-tema yang mendukung proses penyusunan desain penelitian. Evaluasi terhadap calon doktor dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu : ujian kelayakan akademis untuk menjadi mahasiswa doktoral, kelayakan proposal penelitian, ujian komprehensif, dan ujian disertasi.

Studi pada Program Doktor Administrasi Publik dijadwalkan dapat diselesaikan oleh mahasiswa selama 3 tahun (6 semester), terdiri dari : 2 semester kuliah dan penulisan proposal serta 4 semester penelitian dan penulisan disertasi. Penyelenggaraan Program Doktor Administrasi Publik dilakukan di Gedung MAP, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Gadjah Mada.

Kuliah seminar akan diampu oleh seorang dosen yang bertugas sebagai koordinator dan nara sumber. Kuliah semester I terdiri dari 3 mata kuliah wajib dan 2 mata kuliah pilihan untuk riset terarah. Sedangkan kuliah semester II berisi seminar proposal dengan dosen pembimbing untuk membantu mahasiswa mempersiapkan proposal disertasi yang layak, baik secara substansial maupun metodologis.